Kesehatan

Tindakan Pertama Ketika Terjadi Serangan Jantung

pertolongan pertama pada serangan jantung

Kebanyakan diantara kita, begitu terdiagnosis menderita penyakit jantung, yang ada di dalam pikiran kita adalah kepanikan bahwa hidup kita akan segera berakhir, tidak bisa bekerja lagi, dan tidak bisa menikmati hidup. Setelah kepanikan mereda, usaha berikut nya yang kita lakukan adalah berpindah dari satu dokter ahli ke dokter ahli lainnya dan dari satu rumah sakit ke rumah sakit yang lainnya untuk menemukan berbagai pengobatan terbaik yang bisa menyembuhkan penyakit jantung yang sudah terlanjur menggerogoti tubuh kita.

Tapi terkadang ada hal-hal yang terabaikan yaitu tindakan pertama ketika terjadi serangan jantung, lebih dari tujuh puluh lima persen kematian yang diakibatkan oleh serangan jantung terjadi pada tiga hingga empat jam pertama setelah terjadinya gejala serangan jantung.

Artinya, banyak orang yang belum mengetahui gejala akan terjadinya serangan jantung hingga akhirnya ketika serangan itu benar benar terjadi mereka tidak siap dan tidak tahu cara penanganannya.

pertolongan pertama pada serangan jantung

Tindakan Pertama

Saat serangan jantung terjadi tindakan pertama yang harus dilakukan adalah pemberian aspirin yaitu tablet kunyah yang dapat membantu mencegah pembekuan darah pada pembuluh darah arteri koroner.

Aspirin mengandung asam asetil salisilat serta merupakan  antikoagulan (antipembekuan darah) yang sangat dibutuhkan untuk mencegah pembekuan darah saat terjadi serangan jantung. baca juga foredi makassar

Aspirin dikenal dengan obat ajaib, sehingga para penderita jantung selalu menyediakan obat ini di rumah sebagai tindakan pertama ketika terjadi serangan tiba tiba. Selain dua hal itu (oksigen dan aspirin), tidak ada lagi cara pertolongan lain kecuali segera panggil ambulan untuk diangkut ke rumah sakit.

Sementara itu, pemberian obat jenis beta-blocker juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk memperlambat kerja jantung. Sehingga, setelah serangan jantung itu terjadi, jantung tidak bekerja terlalu keras dan menghindari kerusakan otot-otot jantung yang lebih parah.

Pemberian oksigen pada tahap ini juga penting dilakukan. Sebab, dengan pemberian oksigen maka akan sangat membantu untuk mencegah kerusakan jaringan otot jantung. artikel terkait lainnya jamkho makassar

Jika kita sudah mengetahui apabila diri kita atau ada keluarga yang menderita penyakit jantung, sebaiknya kita sudah berjaga-jaga dengan persedian oksigen dalam tabung kecil. Sehingga, ketika terjai serangan mendadak, kita dapat segera melakukan pertolongan pertama sambil menunggu kedatangan tim medis. Setelah pertolongan pertama tersebut, segeralah menghubungi tim medis atau dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan selanjutnya.

Demikian informasi mengenai tindakan pertama yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi keadaan gawat darurat pada penderita penyakit jantung, perlu dipahami bersama bahwa kecepatan melakukan tindakan dengan cara membawa ke dokter adalah hal yang paling utama dan obat-obatan untuk keperluan darurat seperti aspiran dan tabung oksigen selalu tersedia di rumah. Pada artikel selanjutnya kami akan membahas mengenai pengobatan medis untuk para penderita penyakit jantung.