Kuliner

Makanan yang Bisa Dibawa Pulang Saat Berkunjung ke Tempat Wisata di Klaten

wisata kuliner di klaten

Makanan adalah suatu hal penting untuk dikonsumsi manusia, karena makanan menjadi sumber energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas dan ada banyak makanan yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semua orang pasti mencari makanan yang enak untuk dikonsumsi, karena bisa menambah nafsu makan dan membuat tubuh menjadi sehat. Rasa makanan sangatlah bervariasi mulai dari asin sampai dengan manis dan makanan yang disajikan dengan cara yang unik, seringkali memiliki harga jual yang tinggi.

Klaten menjadi kota kecil yang memiliki banyak varian makanan tradisional dan makanan khas klaten memiliki keunikkan rasa. Makanan khas klaten banyak dijual oleh masyarakat sekitar klaten dan sering dijadikan makanan oleh-oleh untuk wisatawan. Makanan khas klaten juga banyak yang dijual di wilayah lain dan kebanyakan di jual di area wisata Yogyakarta. Berikut ini adalah makanan yang bisa dibawa pulang saat berkunjung ke tempat wisata di klaten:

  1. Kepel

Kepel adalah salah satu makanan khas klaten yang memiliki bentuk seperti kudapan tangan dan kepel termasuk dalam jajanan tradisional. Bahan dasar pembuatan kepel adalah garam, merica, bawang putih, bawang merah dengan gandum. Camilan ini sangat enak dinikmati dengan saus sambal dan minuman dingin.

  1. Sego Wiwit

Sego Wiwit adalah makanan tradisional yang sangat sulit ditemukan di klaten dan sego wiwit akan banyak ditemukan saat momen sedekat bumi atau pengungkapan rasa sukur dari hasil panen padi. Kini mulai banyak restoran yang menjual makanan ini lengkap dengan lauk-pauknya dan harga sego wiwit sangatlah terjangkau.

  1. Sego Gudangan

Sego Gudangan adalah makanan yang sangat mirip dengan acar dan makanan ini banyak ditemukan pada pagi hari. Bahan dasar pembuatan sego gudangan seperti saus tempe, bubuk kacang, sayuran segar dan parutan kelapa. Makanan ini sangat banyak dijual di klaten dan harga makanan ini dijual dengan murah per porsinya.

  1. Nasi Terancam

Nasi Terancam adalah salah satu makanan yang bahan dasarnya terbuat dari nasi yang ditambahkan dengan sayuran mentah dan makanan ini makanan ini dibuat dengan racikan rempah pilihan. Nasi terancam memiliki aroma yang sangat khas dan harga makanan ini dijual dengan variatif tergantung siapa yang menjualnya. Makanan ini bisa dinikmati saat makan sia

  1. Bakmi Miroso

Bakmi Miroso adalah makanan khas klaten yang sudah ada sejak jaman dulu dan makanan ini memiliki rasa yang sangat nikmat. Penjual bakmi miroso di klaten sangatlah banyak dan harga yang ditawarkan untuk satu porsi bakmi sangatlah bervariasi. Bakmi miroso sangat cocok disajikan dengan tambahan minuman yang dingin.

  1. Swike Kodok

Swike Kodok adalah makanan yang terbilang ekstream, karena terbuat dari bahan dasar daging kodok dan makanan ini diolah dengan rempah pilihan. Swike kodok sangat mudah dijumpai saat berkunjung ke klaten dan penjual makanan ini biasanya adalah masyarakat sekitar klaten. Harganya variatif tergantung dari porsi yang dipilih.

  1. Slondok

Slondok adalah makanan khas klaten yang sangat cocok digunakan sebagai makanan oleh-oleh dan makanan ini terbuat dari bahan dasar singkong. Makanan ini memiliki banyak penggemar, karena cita rasanya sangatlah khas dan makanan ini bisa dibawa pulang dengan harga yang terjangkau. Penjual makanan ini biasanya adalah masyarakat asli klaten.

Demikian ulasan lengkap mengenai makanan yang bisa dibawa pulang saat berkunjung ke tempat wisata di klaten dan semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya.