Informasi Umum

Mac Mix, ‘Lem’ Khusus Untuk Rekatkan Bata Ringan

Mac Mix

Saat berkunjung ke tempat-tempat bersejarah seperti candi, masjid atau gereja tua, hampir bisa dipastikan akan dihantui satu pertanyaan.

  • Bagaimana caranya orang zaman dulu membuat bangunan yang semegah itu dan kokoh hinggi kini?
  • Apa yang rahasia di balik rekatnya antar batu atau bata merah itu hingga bertahan meski telah ratusan tahun usianya?

Pertanyaan itu memang patut dilayangkan mengingat teknik konstruksi di masa lalu dengan di masa kini berbeda. Candi-candi di Jawa konon direkatkan dengan putih telur—namun sampai saat ini belum ada bukti empiris soal itu. Dugaan yang ada adalah batu candi disusun kemudian digesekan antar bata (candi yang berbahan bata merah), sehingga ada serbuk yang jatuh. Nah, serbuk itu diberi air, sehingga menjadi perekat bangunan awet dan kokoh hingga kini. Sementara rahasia di balik kekokohan bangunan Belanda kebanyakan direkatkan dengan campuran bata merah digiling dipadu dengan gamping. Namun, kini zaman sudah berubah, Teknologi sudah maju, tak perlu lagi melakukan cara-cara lama untuk membuat bangunan. Selain akan menguras waktu dan tenaga, cara tersebut jelas akan membuat biaya membengkak. Sebagai alternatif, kini telah hadir Mac Mix yang merupakan ‘lem’ perekat bata ringan.

Nama asing yang baru saja disebut adalah produk lain dari Maccon. Maccon sendiri lebih dikenal sebagai produsen bata ringan di Indonesia Timur. Bermarkas di Makassar, Maccon memiliki pabrik sendiri di Maros—sekitar 2 jam dari Ibu Kota Sulawesi Selatan itu.

Mac Mix berbahan dasar pasir silica, semen, filter dan adiktif lainnya yang sudah terformulasi dengan tepat. Dengan demikian, penggunaanya sangat mudah dan cepat. Pekerja tidak perlu lagi repot mencampur berbagai material perekat seperti semen, gamping, pasir atau lainnya untuk merekatkan dinding bata. Anda selaku pemilik bangunan pun tak lagi perlu dipusingkan dengan biaya pembelian berbagai material campuran tersebut.

Dalam satu kemasan Mac Mix sudah terdapat campuran yang konsisten dan campuran yang akurat, sehingga benar-benar hanya tinggal tuan. Untuk menggunakannya perekat modern ini ke dalam air secara bertahap. Campuran perbandingan yang digunakan sebaiknya adalah  9,5-10,5 L/40kg. Usai diaduk rata, aplikasikan ke dalam bata ringan dengan ketebalan sekitar 3 mm saja. Sebagai catatan, jika bata ringan terlalu kering, basahi lebih dahulu dengan sedikit air bersih sebelum direkatkan agar hasil lebih maksimal.

Baca juga: http://www.jasa-tukang.com/2017/08/jual-bata-ringan-makassar-tlp.html

Cara tersebut jelas lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan semen dan pasir secara terpisah. Selain campurannya akan berbeda, pencampuran secara manual terkadang membuat kualitas campuran kurang bagus. Wal hasil, hasil akhir bangunan juga kurang baik.

Selain campuran yang lebih tepat dibandingkan campuran material terpisah, menggunakan Mac Mix juga lebih menguntungkan, karena memiliki daya sebar yang cukup luas. Pada penggunaan bata ringan Maccon AAC Standard 7,5 cm, daya sebarnya mencapai 13 meter persegi per sak 40 kg. Sementara untuk Maccon AAC 10 Standard 10 sebaran mencapai 10 meter persegi untuk kapasitas sak berukuran sama.

Ketebalan rekatan pun cukup 3 mm saja, sehingga sangat hemat penggunaannya. Meski tipis, rekatan tersebut cukup kuat, karena bata ringan yang direkatkan sendiri memiliki karakteristik yang seragam. Dengan demikian, antara satu potongan dengan potongan lain sudah tersusun rapi. Hal ini jelas akan memudahkan pemasangan dan ‘lem’ yang lebih sedikit dibandingkan harus merekatkan bata merah konvensional yang umumnya berat dan tidak merta tebal tipisnya. (y)