Traveling

Keraton Jogja, Lokasi, Fasilitas & Tiket Masuk 2019

Keraton Jogja

Keraton Jogja adalah salah satu tujuan wisata termudah untuk dikunjungi di Yogyakarta. Lokasinya mudah ditemukan, strategis, ekonomis dan dekat dengan wisata lainnya. Istana ini adalah kantor. Meskipun kesultanan secara resmi bagian dari Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks istana masih berfungsi dengan baik.

Selain sebagai objek wisata, fungsi istana saat ini adalah sebagai tempat tinggal sultan atau kepala keluarga istana yang masih menjalankan tradisi kesultanan sampai sekarang. Sebagian besar kompleks istana kini menjadi museum yang berisi beberapa koleksi barang milik kekaisaran. Ini termasuk artikel raja-raja Eropa, replika istana dan warisan gamelan. Istana adalah bangunan dengan arsitektur Jawa terbaik, memiliki aula mewah, lapangan besar, dan paviliun.

Baca juga : Wisata Kebun Buah Mangunan

Harga tiket untuk Keraton Yogyakarta

Anda akan terkejut jika mengetahui bahwa harga tiket untuk wisata Jogja hanya Rp. 10.000 saja. Harga ini sangat murah mengingat nilai historis yang sangat tinggi di istana. Pengunjung tidak boleh dikenai biaya lain untuk mengakses objek wisata ini.
Anda hanya perlu menambah biaya parkir, Rp. 2000 saja. Kendaraan dapat diparkir di sekitar plaza utara atau di sisi jalan.

Lokasi Keraton Yogyakarta

Lokasi Istana Jogja sangat mudah ditemukan. Anda hanya perlu pergi ke alun-alun utara, maka Anda telah tiba di depan istana yang direncanakan. Cara mudah lainnya adalah Anda hanya perlu pergi ke titik nol Jogja atau Jalan Malioboro, maka Anda dapat dengan mudah menemukan istana.
Keraton Jogja dekat dengan banyak tujuan wisata menarik. Diantaranya adalah Taman Sari, Jalan Malioboro, Museum Sonobudoyo, Benteng Vredeburg, Taman Pintar, Taman Budaya, Museum Nasional Jogja dan lainnya. Dari satu rute ke rute lainnya, jaraknya tidak terlalu besar dan tidak terlalu lama.

Baca juga : Taman Pintar Jogja

Fasilitas di Keraton Yogyakarta

Beberapa jenis fasilitas yang bisa Anda peroleh jika memasuki istana adalah sebagai berikut:

  1. Panduan yang akan memberikan penjelasan tentang setiap detail di istana. Panduan ini umumnya akan memberikan layanan gratis jika ada kelompok pengunjung yang datang. Untuk perorangan atau perorangan, layanan dalam panduan ini dapat diperoleh jika diinginkan.
  2. Ornamen Jawa yang menarik dan asli. Karena arsitektur istana tetap tidak berubah selama beberapa dekade, itu hanya mengubah lukisan yang diperbarui dan penambahan ornamen kecil.
  3. Acara tradisional Jawa yang terkadang terbuka untuk umum dapat dilihat secara langsung. Program ini termasuk suro grebeg, tarian tradisional, dll. Ketika acara berlangsung, masyarakat Jogja akan sangat bersemangat untuk berpartisipasi.

Jam buka Istana Jogja

Jam buka istana ini adalah dari jam 9 pagi. jam 5 malam Pada hari-hari tertentu, sebagai hari libur keagamaan, istana tidak akan dibuka untuk umum. Kunjungan individu dan kelompok akan diterima dengan baik oleh penjaga istana. Akhir pekan dan liburan sekolah adalah waktu yang banyak digunakan untuk mengunjungi Istana Jogja. Tertarik berkunjung?