Kesehatan

Cara Menghilangkan Komedo dan Menjaga Kulit Anda Tetap Halus

Cara Menghilangkan Komedo dan Menjaga Kulit Anda Tetap Halus

Dalam hidup Anda, sangat mungkin bahwa komedo muncul di kulit Anda. Dengan ini kamu harus tahu bagaimana cara membersihkan wajah yang benar. Mereka dapat muncul di tubuh mana saja, tetapi sebagian besar terkonsentrasi pada wajah. Komedo di bawah kulit disebut filamen sebaceous, yang merujuk pada zat yang terkumpul di sekitar folikel rambut. Mereka terbentuk ketika sebum dan sel-sel kulit mati menumpuk di sekitar folikel rambut, menyebabkan penyumbatan pori-pori di kulit. Maka dari itu kita harus tahu bagaimana cara menghilangkan komedo.

Cara Menyingkirkan Komedo di Bawah Kulit

Ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan komedo yang dapat Anda praktekkan:

1. Menggunakan Bahan Alami

Minyak mineral

Minyak mineral adalah konsentrat penting yang digunakan untuk melawan komedo. Mereka menunjukkan sifat penyembuhan alami yang tidak hanya melarutkan puing-puing yang terakumulasi di sekitar folikel rambut, tetapi juga menghambat mikroorganisme yang mungkin menjajah kulit. Sifat astringennya membantu menjaga kulit bebas dari sebum berlebih, yang menyumbat pori-pori kulit, berpotensi menyebabkan komedo di bawah kulit.

Bubuk soda kue

Dalam hal menghilangkan komedo dan filamen sebaceous pada hidung, soda kue adalah salah satu solusi rumah yang paling umum. Selain menghilangkan minyak berlebih dari kulit, ia juga merupakan exfoliator, yang mengembalikan integritas kulit menjadi normal dan sangat kenyal.

Sebelum menggunakan baking soda:
• Pastikan Anda mencuci wajah atau bagian yang terkena komedo dengan air hangat.
• Gunakan satu sendok makan soda kue untuk membuat pasta dengan menambahkan sedikit air ke dalamnya.
• Oleskan pasta ke bagian kulit yang ada komedonya.
• Diamkan pasta kurang lebih tiga menit , kemudian bilas dengan air hangat .
• Untuk hasil yang lebih baik, ulangi prosedur setidaknya dua kali setiap minggunya untuk mengelola filamen sebaceous.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel berpotensi memecah bahan yang menghalangi pori-pori kulit dan menyebabkan komedo. Ia memberikan sensasi pendinginan pada kulit Anda. Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri yang pada dasarnya berguna dalam mengelola filamen sebaceous pada hidung. Selain membuka pori-pori, cuka sari apel menjaga pH kulit Anda, mengendalikan pertumbuhan jerawat dan jerawat itu sendiri, sehingga membuat kulit Anda lebih jelas.

Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Cuka Sari Apel:
• Campurkan dua sendok makan cuka sari apel dengan dua sendok makan air.
• Campur larutan dan rendam kapas dengan larutan itu.
• Oleskan di komedo langsung menggunakan kapas yang direndam.
• Anda dapat mengulangi prosedur ini pada hari-hari alternatif untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Jus Lemon

Jus lemon dipuji sebagai zat alami, yang sangat berguna dalam mengendalikan komedo . Mekanisme kerjanya sangat sederhana. Ini mengandung asam sitrat, yang menyumbat pori-pori dan menghilangkan minyak berlebih, sehingga mengubah penampilan filamen sebaceous. Asam ini juga memecah lemak dan mengembalikan keindahan kulit.

Cara Menggunakan Jus Lemon
• Potong lemon menjadi dua.
• Gunakan setengah potongan lemon , gosok ke bagian kulit yang ada komedonya .
• Tunggu setidaknya lima menit sampai jus mengering di kulit Anda.
• Bila dirasa cukup kering, bilas dengan air hangat.
• Ulangi prosedur ini sesekali sampai kulit Anda kembali normal

2. Perawatan profesional

Kulit kimia

Prosedur ini adalah untuk mengelupas dan menghilangkan komedo dari kulit. Mereka ampuh menghilangkan noda dan bekas luka dari kulit. Manfaat tambahan yang diberikan oleh bahan kimia selain perawatan komedo adalah perbaikan pigmentasi kulit. Ini juga meningkatkan kehalusan kulit, membuatnya sangat kenyal.

Perawatan laser

Meskipun biayanya bervariasi tergantung pada tempat dan spesialis yang melakukan prosedur, perawatan laser komedo sangat efektif dan memberikan hasil yang baik. Sinar laser digunakan dalam prosedur ini untuk menghilangkan penyumbatan dari pori-pori kulit. Ini adalah salah satu prosedur medis yang paling disukai tentang cara menghilangkan komedo membandel.

Cara Mencegah Terjadinya Komedo

Bersihkan kulit Anda secara teratur

Kebanyakan orang berpendapat bahwa komedo di bawah kulit tidak disebabkan oleh kotoran. Tetapi kulit menjadi kotor sebagian karena penumpukkan sel kulit mati. Ketika tidak dihilangkan, sel-sel ini ditambah dengan sebum dari kulit akan menyebabkan komedo. Karena itu, mencuci kulit Anda sangat mengurangi peluang komedo muncul. Pastikan Anda menggunakan pembersih lembut yang tidak akan mengubah pH tubuh Anda.

Hapus riasan Anda sebelum Anda pergi tidur

Tidur tanpa menghilangkan riasan dan kosmetik akan membuat komedo muncul. Anda dapat menggunakan pembersih atau penghapus rias untuk menjaga tidur Anda nyenyak. Pilihan penghapus makeup akan tergantung pada jenis makeup yang Anda gunakan. Misalnya, produk tahan air akan membutuhkan penghilang khusus. Selain itu, Anda harus membersihkan semua peralatan yang Anda gunakan untuk merias wajah secara teratur.

Jangan Memencet komedo Anda

Aku tahu. Godaan untuk menyentuh atau mengambil komedo dengan cara memencet nya tampaknya tak bisa terhindarkan, terutama ketika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan komedo dari wajah Anda. Tetapi kebiasaan ini berpotensi menyebarkan minyak dan bakteri di kulit Anda. Kuku Anda juga dapat merusak integritas kulit Anda, sehingga membuat Anda rentan terhadap infeksi bakteri sekunder.

Kesimpulan

Komedo adalah kejadian umum yang seharusnya tidak membuat Anda malu pada diri sendiri karena mereka dapat dihilangkan. Obat rumahan untuk komedo cukup untuk menjaga kulit Anda tetap halus. Anda mungkin tidak perlu memerlukan perawatan medis lanjut kecuali kondisinya serius. Meskipun demikian, Anda selalu dapat berkonsultasi dengan dokter Anda pada kondisi apa pun yang membuat Anda tidak nyaman.

Sekian dari artikel cara menghilangkan komedo dan semoga artikel dari Reumbria ini bermanfaat