Pendidikan

Apa Itu Pondok Pesantren?

pondok pesantren

Pesantren berasal dari kata pesantrian yang artinya tempat para santri menimba ilmu. Pesantren merupakan produk asli (indigenous) Indonesia. Sebab di negara lain tak ada model pendidikan seperti Pesantren di Indonesia.

Setidaknya, Pesantren yang ada dan berkembang di Indonesia bisa dibagi menjadi 2, yaitu pesantren salaf dan pesantren modern.

Ada 2 jenis pesantren, yaitu salaf dan modern. Meskipun begitu, pesantren adalah tempat santri menimba ilmu agama, baik pesantren salaf maupun pesantren modern. Pesantren adalah tempat yang baik untuk putra dan putri generasi penerus bangsa. Karena di sinilah mereka akan dididik menjadi manusia yang bermentalkan baja, karena mereka akan terbiasa dengan muhadhoroh atau yang biasa disebut dengan latihan pidato. Dengan demikian ketika mereka lulus dari pesantren mereka bisa dengan percaya diri tampil di depan umum, memberi pencerahan pada masyarakat melalui dakwah-dakwah yang mereka sebarkan.

Pesantren juga mengajarkan tentang keadilan dan kejujuran, karena mereka tentu mengetahui tentang salah dan benarnya dalam berbuat. Pesantren identik dengan santrinya yang suka  membaca Al-Qur’an dengan suara yang indah, karena mereka terbiasa diajarkan qiroah’ dan tilawatil qur’an, bahkan tartil.

Pesantren juga mengajarkan tentang kebersamaan, karena disaat mereka di pesantren mereka hanya akan bersama teman-teman mereka tanpa keluarga mereka. Mereka akan menjadi insan yang mempunyai  sosialitas yang tinggi.

PESANTREN BUKAN HANYA MENGAJARKAN ILMU PENGETAHUAN NAMUN PESANTREN ADALAH TEMPAT PENDIDIKAN SECARA UTUH

Pesantren adalah pendidikan karena sesungguhnya mendidik itu jauh lebih sulit dari mengajarkan ilmu pengetahuan. Mengajar itu hanya memberikan ilmu tanpa mendidik, namun mendidik itu mengajarkan dan memberi contoh serta membimbing. Tidak perlu mencari permisalan yang jauh, cukup apa yang selalu dikerjakan 5 waktu dalam sehari. Pondok tidak hanya memberikan pengertian tentang pentingnya sholat dan wajibnya melaksanakan shalat lima waktu sehari. Namun pendidik di pondok juga memberi contoh dengan melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Dengan begitu, mereka bukan hanya berbicara namun juga mengajarkan dan mempraktekan dan memberi contoh.

Pondok pesantren adalah tempat belajar yang paling tenteram, karena mereka belajar dengan diiringi ayat-ayat qur’an bukan dengan tawuran dan kekerasan pelajar. Mereka belajar dengan saling mengajari bukan saling mengejek dan merendahkan. Mereka saling membantu, satu hal yang tidak akan pernah santri dapatkan dimanapun mereka berada adalah bagaimana mereka merasakan kebersamaan yang disertai dengan kedamaian. Saat satu dari mereka mendapatkan masalah sudah pasti yang lain akan membantu. Suka duka di pondok itu selalu mereka lewati dengan bersama-sama. Ingatlah!

APA YANG KAMU LIHAT, KAMU DENGARKAN, DAN KAMU RASAKAN DI PONDOK SEMUA ITU ADALAH PENDIDIKAN

Satu budaya yang tidak akan pernah lepas dari kata santri adalah budaya “mengantri” .

Tahukah kalian bahwa budaya itu adalah pendidikan tersendiri, hal itu mendidik mereka untuk bersabar. Disaat para orang tua melihat anaknya dihukum menghafalkan berbagai kosa kata dalam bahasa Arab, atau melihat anaknya membaca Al-Qur’an dalam keadaan berdiri di depan masjid. Ketahuilah bahwa sesungguhnya anakmu sedang dididik untuk bertanggung jawab. Lagi pula hukuman yang mereka dapatkan adalah bersifat pendidikan.

Remember :

Jadikanlah anak-anakmu menjadi anak-anak yang selalu ingat akhirat dalam setiap langkahnya, karena dengan begitu anak-anakmu akan menjadi anak yang mempunyai kepribadian yang baik serta akhlak yang baik. Dengan begitu pula anakmu tidak akan menjadi manusia yang tamak dalam segala urusan, karena anak-anakmu sadar bahwa apa yang mereka punya di dunia ini tidak akan mereka bawa ke dalam akhirat mereka kecuali amal mereka.

Mereka akan mengayunkan setiap langkah mereka di jalan Allah, sekalipun itu adalah langkah mereka untuk mencari dunia demi mempertahankan kehidupan yang mendatang. Ketahuilah suatu saat anda akan menua, disaat itu yang engkau inginkan bukanlah harta yang dimiliki anakmu, melainkan perhatian mereka. Dan di pesantren lah tempat mereka dididik menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Pesantren Lah tempat mereka dididik menjadi manusia yang akan mempunyai kejujuran, kasih sayang yang tak berujung.

Ketahuilah, saat nanti kalian para orang tua telah berada di liang kubur, bukan intan permata yang kamu inginkan, melainkan satu ayat atau satu surah Al-Fatihah yang dikirimkan anakmu. Dan di pesantren adalah tempat untuk mendidik anakmu menjadi anak yang sholeh sholehah yang akan dapat mengirim bingkisan permata terbalut do’a di saat engkau di alam kubur.

Jika anda sebagai orang tua menginginkan anaknya belajar di Pesantren, anda bisa menitipkan anak anda untuk belajar di Pondok Pesantren terbaik di Sumatera Selatan.

Baca juga: jenis tas totebag